MANAJEMEN DAN ORGANISASI


1.     Pengertian manajemen dapat dikategorikan menjadi 3 kelompok, yaitu manajemen sebagai suatu proses, manajemen sebagai kolektivitas manusia, dan manajemen sebagai ilmu dan seni.
Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. “The art of getting things done through people”.Dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah direncamakan.
  Adapun dampak dari mempelajari ilmu manajemen adalah sebagai berikut:
·                      Membantu dalam membuat strategi yang lebih baik dengan membuat pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis.
·                      Merupakan suatu proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses yaitu meraih komitmenda dari yang sudah direncanakan.
·                      Proses yang dilakukan memberikan pemberdayaan individual.
·                      Meningkatkan kesadaran terhadap ancaman eksternal sehingga lebih siap terhadap kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar
·                      Dapat mengetahui dengan lebih baik strategi pesaing sehingga lebih mudah dalam menghadapinya.
·                      Membantu mengintegrasikan perilaku individu kita ke dalam kelompok.

2.      keuntungan dan kerugian bagi suatu organisasi yang menjalankan fungsi manajemen :
Keuntungan
Kerugian
adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya.
Rendahnya moral
Manajemen yang baikm dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki.
Penurunan keuntungan
Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi.
Produktivitas berkurang
Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisasi, komunikasi yang kontruktif, seimbang, searah saling menghormati, dan menghargai mencintai sebagai tujuan dapat dioptimalkan.
Kegagalan bisnis
Manajemen yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan.
Adanya pimpinan staff melampaui batas kewenangannya.
3.      Organisasi dapat didefinisikan sebagai berikut:
a.       Organisasi dalam arti badan yaitu kelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
b.      Organisasi dalam arti bagan yaitu gambaran skematis tentang hubungan kerjasama dari orang-orang yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut saya, banyak orang masuk ke dalam suatu organisasi karena dalam organisasi banyak manfaatnya, yaitu:
·           Kita dapat menambah teman ataupun menemukan seseorang yang dapat menginspirasi kita.
·           Kita juga bisa sharing-sharing sehingga bisa menambah wawasan.
·           Dalam organisasi, kita bisa belajar menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dan akan terbiasa melihat segala hal dari sudut pandang yang berbeda, sehingga pemikiran kita jadi lebih terbuka. Dalam organisasi kita juga belajar bagaimana cara memanajemen sesuatu dan dapat menambah relasi.
·           Kita belajar untuk siap dan tegar dalam menghadapi berbagai komentar yang datang terhadap segala keputusan yang telah kamu ambil.
·           belajar selangkah demi selangkah untuk tidak lagi salah melangkah dan gegabah dalam mengambil keputusan penting.

4.      Fungsi Manajemen
1)      Perencanaan (Planning)
Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya. Dalam perencanaan harus memiliki batas waktu hingga kapan tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.
2)      Pengorganisasian (Organizig)
Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Pengorganisasian (Organizing) adalah  mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang bersangkutan. Dalam fungsi Pengorganisasian terdapat pengelompokan kegiatan dan penyusunan Struktur Organisasi serta menjelaskan fungsi-fungsi dari setiap bagian dan sifat hubungan antara bagian-bagian tersebut dalam Struktur organisasi tersebut.
3)      Pemimpinan (Leading)
Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan (Leading) dalam Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi. Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakan dan memotivasi serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.
4)      Pengendalian (Controling)
Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Dalam fungsi pengendalian ini, seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah ditetapkannya.

5.      Dalam sebuah organisasi, keberadaan seorang pemimpin atau manajer mutlak diperlukan. Hal ini dikarenakan dalam organisasi atau perusahaan haruslah ada seseorang yang dapat memimpin, mendorong, dan menjadi panutan anak buahnya. Pemimpin atau manajer ini merupakan sosok yang bekerja melalui orang lain untuk mencapai apa yang menjadi visi dan misi perusahaan/organisasi dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada dalam organisasinya karena peran utama seorang manajer adalah untuk memimpin, memotivasi, dan mendorong karyawan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan organiasi, maka setiap manajer harus memiliki ketrampilan dasar di bidang manajemen bisnis agar dapat mengelola timnya secara efektif. Untuk dapat meraih apa yang menjadi tujuan perusahaan/organisasi, seorang manajer harus mampu merencanakan, mengatur, dan mengendalikan sumber daya yang ada, termasuk sumber daya manusia. Sehingga penting bagi seorang manajer untuk memiliki skill dan kualitas yang mumpuni agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Sumber :
MATERI PENGANTAR MANAJEMEN BAB 1
MATERI PENGANTAR MANAJEMEN BAB ORGANISASI
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-empat-fungsi-dasar-manajemen/

Komentar

Postingan Populer