MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1.
Pengertian manajemen dapat dikategorikan
menjadi 3 kelompok, yaitu manajemen sebagai suatu proses, manajemen sebagai
kolektivitas manusia, dan manajemen sebagai ilmu dan seni.
Menurut
Mary Parker Follet manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan
melalui orang lain. “The art of getting
things done through people”.Dapat
disimpulkan bahwa manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan,
memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua
sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah direncamakan.
Adapun dampak
dari mempelajari ilmu manajemen adalah sebagai berikut:
2.
keuntungan dan kerugian bagi suatu
organisasi yang menjalankan fungsi manajemen :
3.
Organisasi dapat didefinisikan sebagai berikut:
5.
Dalam sebuah organisasi, keberadaan
seorang pemimpin atau manajer mutlak diperlukan. Hal ini dikarenakan dalam
organisasi atau perusahaan haruslah ada seseorang yang dapat memimpin,
mendorong, dan menjadi panutan anak buahnya. Pemimpin atau manajer ini
merupakan sosok yang bekerja melalui orang lain untuk mencapai apa yang menjadi
visi dan misi perusahaan/organisasi dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan
yang ada dalam organisasinya karena peran utama seorang manajer adalah untuk
memimpin, memotivasi, dan mendorong karyawan untuk bekerja sama dalam mencapai
tujuan organiasi, maka setiap manajer harus memiliki ketrampilan dasar di
bidang manajemen bisnis agar dapat mengelola timnya secara efektif. Untuk dapat
meraih apa yang menjadi tujuan perusahaan/organisasi, seorang manajer harus
mampu merencanakan, mengatur, dan mengendalikan sumber daya yang ada, termasuk
sumber daya manusia. Sehingga penting bagi seorang manajer untuk memiliki skill
dan kualitas yang mumpuni agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.
·
Membantu dalam membuat strategi yang lebih baik dengan
membuat pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan
strategis.
·
Merupakan suatu proses bukan keputusan atau dokumen.
Tujuan utama dari proses yaitu meraih komitmenda dari yang sudah direncanakan.
·
Proses yang dilakukan memberikan pemberdayaan
individual.
·
Meningkatkan kesadaran terhadap ancaman eksternal
sehingga lebih siap terhadap kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar
·
Dapat mengetahui dengan lebih baik strategi pesaing
sehingga lebih mudah dalam menghadapinya.
·
Membantu mengintegrasikan perilaku
individu kita ke dalam kelompok.
Keuntungan
|
Kerugian
|
adanya
pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya.
|
Rendahnya
moral
|
Manajemen
yang baikm dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki.
|
Penurunan
keuntungan
|
Manajemen
merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi.
|
Produktivitas
berkurang
|
Manajemen
yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisasi, komunikasi yang
kontruktif, seimbang, searah saling menghormati, dan menghargai mencintai
sebagai tujuan dapat dioptimalkan.
|
Kegagalan
bisnis
|
Manajemen
yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan.
|
Adanya
pimpinan staff melampaui batas kewenangannya.
|
a. Organisasi
dalam arti badan yaitu kelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan
tertentu.
b. Organisasi
dalam arti bagan yaitu gambaran skematis tentang hubungan kerjasama dari
orang-orang yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut saya, banyak orang masuk ke
dalam suatu organisasi karena dalam organisasi banyak manfaatnya, yaitu:
·
Kita dapat menambah teman ataupun menemukan seseorang
yang dapat menginspirasi kita.
·
Kita juga bisa sharing-sharing sehingga bisa menambah
wawasan.
·
Dalam organisasi, kita bisa belajar menjadi seorang
pemimpin yang bijaksana dan akan terbiasa melihat segala hal dari sudut pandang
yang berbeda, sehingga pemikiran kita jadi lebih terbuka. Dalam organisasi kita
juga belajar bagaimana cara memanajemen sesuatu dan dapat menambah relasi.
·
Kita belajar untuk siap dan tegar dalam
menghadapi berbagai komentar yang datang terhadap segala keputusan yang telah
kamu ambil.
·
belajar selangkah demi selangkah untuk
tidak lagi salah melangkah dan gegabah dalam mengambil keputusan penting.
4.
Fungsi Manajemen
1) Perencanaan
(Planning)
Perencanaan atau Planning adalah
menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk
mencapainya. Dalam perencanaan harus memiliki batas waktu hingga kapan
tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan dan siapa yang bertanggung jawab atas
tugas tersebut.
2) Pengorganisasian
(Organizig)
Pada dasarnya, yang dimaksud dengan
Pengorganisasian (Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang
telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang
terdapat dalam organsasi yang bersangkutan. Dalam fungsi Pengorganisasian
terdapat pengelompokan kegiatan dan penyusunan Struktur Organisasi serta
menjelaskan fungsi-fungsi dari setiap bagian dan sifat hubungan antara
bagian-bagian tersebut dalam Struktur organisasi tersebut.
3) Pemimpinan
(Leading)
Pemimpinan (Leading) atau ada yang
menyebut fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan
(Leading) dalam Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap
anggota yang berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran
organisasi. Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakan dan
memotivasi serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang
telah direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.
4) Pengendalian
(Controling)
Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan
penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran
terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan
sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi.
Dalam fungsi pengendalian ini, seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu
tugas atau kegiatan yang terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah
ditetapkannya.
Sumber :
MATERI PENGANTAR MANAJEMEN BAB 1
MATERI PENGANTAR MANAJEMEN BAB 1
MATERI PENGANTAR MANAJEMEN BAB
ORGANISASI
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-empat-fungsi-dasar-manajemen/
Komentar
Posting Komentar